Meneropong Persaingan Bisnis Advertising Agency

0
2305


ADVERTISING-INDONESIA.id – Melalui pengamatan yang lebih cermat tentang situasi persaingan antar advertising agency saat ini, terhimpun beberapa poin penting yang patut menjadi perhatian para pengelola advertising agency khususnya perusahaan lokal atau mereka yang berminat menjadi pemain baru di tengah-tengah industri periklanan Indonesia.

POIN PENTING PERTAMA adalah infrastruktur data, alat pemroses data berikut teknik penyajiannya.  Perencanaan dan strategi periklanan atau tepatnya komunikasi brand selalu harus didahului dengan analisis data dan informasi yang akurat. Ragam data dan informasi tentang perilaku pasar termasuk konsumen, pemakai dan influencer pembelian saat ini tersedia dalam jumlah dan jenis data yang sangat banyak.  Bahkan lewat big data processing sangat dimungkinkan bagi setiap strategist untuk menyiapkan konsep dan strategi mereka atas dasar data dan informasi yang relevan.

Perusahaan besar atau pemilik brand besar atau para pemimpin pasar sudah pasti membutuhkan dan lebih memercayai strategi dan perencanaan berbasis data dan informasi.  Kita mengenal setidaknya pre and post campaign analysis yang biasa dipresentasikan dihadapan para pemilik brand dan sudah tentu presentasi ini mutlak membutuhkan data dan informasi terkini atau terbarui. Kemampuan perusahaan advertising agency dalam menyiapkan strategi berbasis data dan informasi sudah pasti memberi peluang yang lebih besar dalam memenangkan persaingan saat mengikuti agency pitch.

Saat data dan informasi yang disajikan berasal dari sumber yang terpercaya, diolah dengan artikulasi yang baik dan disajikan dalam materi presentasi yang menarik maka persepsi terhadap advertising agency akan jauh lebih positif. Sekalipun mungkin saja pemilik brand atau pendengar materi presentasi data dan informasi tampak setengah antusias atau malah tidak fokus, sebab hal seperti ini memang sering dihadapi para praktisi advertising saat berdiskusi dengan pemilik brand atau client. Fokus mereka lebih kepada fisik materi dan biaya daripada terhadap materi presentasi termasuk data dan informasi itu sendiri.  Namun demikian, tuntutan kepada perusahaan jasa termasuk advertising agency agar menyiapkan strategi berbasis data dan informasi sudah menjadi tuntutan yang faktual saat ini.