Kombinasi Berbagai Hal Penting Dalam Menetapkan Budget Iklan

0
714


ADVERTISING-INDONESIA.id – Formula dalam menentukan budget iklan tidak pernah dibakukan sebab sejumlah metodologi penentuan budget iklan yang sudah eksis saat ini masih terus mengalami perubahan dan atau perbaikan. Variasi-variasi terhadap cara penentuan budget iklan juga terus dikembangkan dan hingga saat ini setidak-tidaknya terdapat sepuluh cara penentuan budget iklan. Dari sejumlah variasi tersebut pengiklan umumnya terbiasa menggunakan metode atau pendekatan sales dimana penentuan budget iklan disesuaikan dengan target sales.

Budget iklan bukanlah budget media saja namun keseluruhan biaya yang dibutuhkan untuk beriklan termasuk pembuatan materi bahkan riset iklan. Penentuan budget iklan adalah suatu proses yang berurutan dan pada prinsipnya  budget iklan sangat jarang tetap pada setiap periode sebab budget iklan yang sudah ditetapkan tidak pernah menjanjikan 100% hasil yang selalu sama seperti yang sudah terjadi sebelumnya.

Sebagai contoh kalau brand atau produk anda berada pada kategori barang sehari-hari maka budget iklan yang sama bisa menghasilkan efek iklan yang berbeda. Contoh lain adalah, biaya iklan untuk membentuk brand awareness atau repeat purchase bisa berbeda setiap periode sebab kondisi eksternal atau pasar bisa memberi pengaruh kuat. Budget iklan dalam kasus seperti ini seringkali berubah naik atau turun sesuai dengan situasi dan kondisi pasar atau persaingan yang sedang terjadi.

Beberapa hal di bawah ini patut anda pertimbangkan saat penetapan budget iklan sedang berlangsung:

PENENTUAN BUDGET IKLAN ADALAH SUATU PROSES BERPIKIR

Penentuan budget iklan adalah suatu proses yang sangat membutuhkan pengetahuan terhadap berbagai hal, tidak saja terhadap efek iklan namun juga terhadap situasi persaingan pasar, kondisi terkini dari brand yang akan diiklankan dan persepsi konsumen terhadap brand. Perlu disadari bahwa advertising atau iklan sering bekerja sebagai pemicu akhir terjadinya penjualan ketika faktor marketing lain seperti harga, produk dan distribusi sedang menghadapi persaingan berat.

Kasus seperti ini sering terjadi pada barang-barang yang usianya lama atau industrial goods. Kalau brand anda masuk dalam kategori unik dan hampir tanpa pesaing yang signifikan, maka pengetahuan terhadap unsur kompetisi atau persaingan brand menjadi minor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here