Isu Seputar Strategi Media

0
1875

Saat ini ada begitu banyak pilihan kategori dan saluran media yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan jangkauan atau reach objectives, seperti televisi, media-media sosial dan beragam media-media digital online lainnya. Sebagaimana disebutkan di atas, televisi memang masih menjadi salah satu media yang terbaik dalam menjangkau audiens yang tersebar luas di seluruh Indonesia. Media televisi dinilai mampu menjangkau secara serentak puluhan juta audiens di pelosok-pelosok tanah air dan membuat mereka menonton dengan setia berbagai program hiburan dan mudah dicerna dalam jangka panjang.

Keberadaan media digital jelas menambah pilihan bagi para perencana media pada saat merancang strategi media. Pada saat televisi diandalkan untuk menyampaikan pesan secara serentak dan dalam bentuk materi komunikasi yang kreatif dan persuasif, maka media-media digital menawarkan peluang interaksi yang tinggi serta konversi engagement yang terukur dalam bentuk penjualan atau transaksi.

Strategi media plan adalah dokumen yang setiap tahun bisa berubah sesuai dengan situasi yang berkembang saat media plan sedang dirancang. Pertumbuhan dan perkembangan industri media adalah salah satu faktor yang terus mengubah pernyataan yang berkaitan dengan tujuan dan strategi media. Fragmentasi audiens dan kegemaran menggunakan gadget digital di kalangan audiens usia muda telah menyebabkan perubahan media habit yang fundamental hingga akhirnya juga mengubah strategi media.

Pada prinsipnya, media objectives masih tetap berkaitan dengan reach, frequency dan continuity. Namun masuknya media digital telah menambah daftar tujuan media hingga ke level engagement atau tidak lagi sekedar angka kuantitatif tanpa pembuktian reaksi audiens terhadap iklan. Saat ini kita mengenal tujuan media dalam bentuk engagement objective atau conversion objective sebagai tujuan yang berkaitan dengan jumlah audiens yang diterpa oleh iklan serta terbukti melakukan aktifitas positif terhadap brand.


– Menyigi Faktor Media Dalam Penetapan Budget Iklan
– Bisnis Media Konvensional: A Sunset Business?
– Advertising dan Branding
– Media Planning di Era Media Digital