Mengapa Harus Digital Marketing?

0
587


ADVERTISING-INDONESIA.id – Kehadiran internet sebagai media baru sekaligus sebagai bagian dari revolusi teknologi komunikasi media dalam praktek komunikasi pemasaran modern, disadari maupun tidak,  telah memberikan dampak yang signifikan bagi para pemasar maupun pelanggan. Para pemasar harus bisa memanfaatkan popularitas media baru tersebut untuk menjalankan bisnisnya, baik dalam memperkenalkan merek, rebranding, mengelola dan menjual produk serta jasa, mengelola pelanggan, mendapatkan prospek baru, maupun upaya-upaya promosi lainnya.

Oleh: Hanny Nurahmawati (Pemerhati Pemasaran Digital dan Pengajar di Salah Satu Perguruan Tinggi)

Sebagai sebuah media, internet telah membuka peluang bagi para pemasar untuk terhubung langsung dengan pelanggannya. Komunikasi yang awalnya cuma satu arah, berubah menjadi komunikasi interaktif, tanpa batasan jarak ruang dan waktu, serta konteks komunikasinyapun berlangsung secara virtual. Pemasaran digital adalah cara yang mudah untuk menjangkau para pelanggan. Ada berbagai keuntungan menggunakan pemasaran digital dibandingkan dengan pemasaran tradisional.

1. Lebih ekonomis
Dibandingkan pemasaran konvensional yang membutuhkan milyaran rupiah baik untuk pembuatan materi iklan maupun biaya pemasangan iklan, maka biaya pemasaran digital jauh lebih rendah. Apalagi materinyapun bisa lebih disederhanakan, sehingga pemasaran digital menjadi solusi bagi penyelenggaraan program pemasaran berbiaya rendah namun memberikan dampak yang besar.

2. Terhubung langsung
Sesuai dengan sifat media digital, maka para pemasar dan pelanggan bisa terhubung langsung baik secara real time melalui lewat halaman web yang sederhana, situs besar, maupun melalui akun media soasial. Memungkinkan pelanggan bisa mengetahui dan memahami situasi yang terkini dari setiap brand maupun industrinya.

3. Terukur
Dalam kampanye pemasaran melalui media konvensional, pemilik brand harus menunggu berminggu-minggu atau berbulan-bulan untuk mengevaluasi keberhasilannya, namun dalam pemasaran digital kinerja program pemasaran bisa segera diukur bahkan dirasakan. Dengan menggunakan software khusus untuk melacak rasio kinerja email, Google Analytics untuk mengukur sasaran tertentu yang ingin dicapai di situs web maupun blog, Google AdWords yang memungkinkan pengguna untuk memantau kinerja iklan di pencarian Google, dan lain sebagainya.

4. Mudah disesuaikan
Pada pemasaran digital kendali ada di tangan kita. Jika kampanye pamasaran menunjukkan kinerja yang baik, maka bisa terus dilanjutkan. Tetapi apabila tidak sesuai harapan, maka dengan mudah bisa direvisi, atau dihentikan saat itu juga. Hal ini tentu berbeda dengan pemasaran konvensional yang membutuhkan proses panjang dan harus menunggu kesepakatan dengan pihak ketiga.

5. Pengembangan merek
Platform digital seperti web atau blog berisi informasi perusahaan/merek, jika dikelola dan dikembangkan secara baik bisa menjadi saluran informasi yang bermanfaat dalam membangun reputasi merek. Begitu juga halnya dengan sosial media seperti facebook, twiiter, Instagram, bisa dimanfaatkan untuk membangun merek.

6. Mudah dibagikan
Salah satu sifat manusia adalah selalu ingin berbagi. Hal ini didukung dengan sifat pemasaran digital yang memiliki kemampuan shareable. Jika konten kita menarik dan memberikan manfaat bagi para pelanggan, maka serta merta mereka akan membagikannya kepada teman maupun kerabat. Hal ini membantu menciptakan efek multiply yang pada akhirnya bisa mensukseskan kampanye penjualan.

7. Penargetan yang tepat
Platform digital memungkinkan pemasar untuk melakukan kampanye yang disesuaikan dengan targetnya berdasarkan preferensi dari pelanggan. Platform media sosial biasanya memiliki algoritma sangat cerdas yang mempelajari dan menyusun preferensi pengguna. Sehingga kampanye iklan tertentu hanya diperlihatkan kepada pengguna yang memiliki interest terhadap hal tersebut. Hal ini tentu membantu meningkatkan kemungkinan penjualan.

8. Menjangkau pasar global
Dalam konteks pemasaran tradisional, sebuah bisnis baru harus dibangun secara fisik di sebuah kota, tentu peluangnya untuk dikenal oleh pelanggan di kota atau negara lain sangatlah terbatas. Melalui pemasaran digital, kampanye iklan terlihat di berbagai belahan dunia. Tentu menjadi peluang bagi usaha kecil untuk ambil bagian dalam globalisasi yang sangat besar. Internet penuh dengan kisah-kisah start-up yang menjadi sangat sukses dalam waktu singkat.

9. Perubahan perilaku
Internet berhasil merubah pola tingkah laku para pelanggan. Jika dahulu mereka yang datang langsung ke toko untuk membeli barang, kini mereka sibuk berselancar mencari informasi, membandingkan produk/jasa yang ditawarkan, melihat testimony/review pembeli, sebelum menentukan untuk membeli barang. Kondisi ini menjadi peluang besar bagi para pemasar untuk memulai bisnis baru maupun mendapatkan calon pembeli melalui Social Media Marketing.

10. Keterlibatan yang besar
Di era digital yang sangat kompetitif ini, para pemasar harus memastikan keterlibatan secara berkelanjutan dengan target marketnya. Pemasaran yang efektif memungkinkan bisnis untuk tetap kompetitif serta relevan dengan melibatkan pelanggan, seperti : menjawab pertanyaan pelanggan, mengurangi kesalahpahaman, dan bahkan menghasilkan penjualan. Dapat dicapai melalui tulisan di blog, buletin, acara, promosi, maupun penawaran-penawan istimewa melalui berbagai saluran media digital.

 


– Kedigdayaan Rating Program TV
– Nasib Media Berita Konvensional Versi Digital
– Kualitas Konsumsi Iklan di Media Digital
– Ketika Ketangguhan Media Cetak Menjadi Inspirasi Film

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here